Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Tsabitahnews.com - Banyak orang yang mencari tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Berbagai file bisa ditransfer secara cepat apabila memang kualitas koneksi mumpuni. Internet yang yang sangat cepat, akan membantu para penggunanya memperoleh informasi yang diperlukan.

Kecepatan akses internet adalah kecepatan untuk mentransfer data ketika menggunakan jaringan ini. Kecepatan ini di maksud dengan banyaknya bit data dari sebuah komputer ke komputer lain yang berpindah. Satuannya sendiri yaitu bit per second atau BPS. Kecepatan akses dibagi dua macam yaitu downstream dan upstream.

Bagi Anda yang ingin sekali mendapatkan akses internet cepat perlu juga mengetahui apa faktor yang bisa mempengaruhinya. Dengan begitu, jika ada kendala ditemui bisa dapat mengklasifikasikan Apa penyebabnya. Karena itu, pada ulasan kali ini akan dibahas tentang faktor ini.

Satuan Kecepatan Internet

Satuan kecepatan akses internet baik untuk downstream maupun upstream yang dinyatakan dalam bps atau bit per second. Dengan kata lain, kecepatan akses dihitung di setiap detik ketika File atau data dipindahkan dari server ke komputer maupun sebaliknya. Kecepatan akses ini bisa dihitung dari jumlah data yang dikirimkan dalam sebuah satuan waktu, misalnya detik.

Saat mengirimkan data 1 KB per detik, maka Sama halnya dengan mentransfer data sebanyak 1000 byte. 1 byte nilainya sama dengan 8 bit, dan data yang transfer ini sama dengan 8000 bit. Atau, dapat disebut dengan 8 kbps (kilobit per second). Kecepatan akses yang lebih tinggi memakai satuan lain misalnya mbps yang nilainya sama dengan 1000 kbps.

5 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kecepatan Internet

Internet tidak selalu mempunyai kecepatan yang stabil karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Akses internet bisa sangat cepat sekali bahkan dalam hitungan detik saja. Akan tetapi, juga bisa lambat hingga berjam-jam untuk mengirim atau mengunduh file dengan ukuran biasa. Inilah beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet.

  • Perangkat Yang Digunakan

Perangkat keras atau komputer bisa menjadi penyebab lambatnya kecepatan akses internet. Sebuah komputer akan memiliki perangkat yang terdiri atas RAM, harddisk, serta prosessor yang punya peran penting pada sistem kinerjanya. Apabila Salah satu perangkat ini kecepatannya rendah, bisa mempengaruhi kualitas kecepatan akses internet yang menjadi lambat pula.

  • Modem Yang Digunakan

Modem punya spesifikasi bermacam-macam. Pada umumnya, modem yang banyak dipakai memiliki kecepatan 56 kbps. Sehingga, dapat dikatakan akses internet masih cukup stabil atau lancar. Apabila kecepatan modem semakin tinggi maka akses juga akan menjadi lebih cepat lagi.

  • Bandwidth

Besarnya bandwidth juga bisa berpengaruh terhadap kecepatan akses internet. Bandwidth memiliki cakupan frekuensi yang dipakai jaringan di medium transmisi. Semakin besar bandwidth yang ada, kecepatannya juga semakin tinggi. Adapun satuannya ini yaitu hertz.

  • Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi juga merupakan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Ada beberapa jenisnya mulai dari GSM,GPRS, CDMA, 3G,4G dan 5G serta line telepon. Di setiap jaringan tersebut mempunyai kecepatan akses berbeda-beda. Kecepatan yang paling rendah yaitu line telepon. Sehingga, Anda bisa memakai jaringan yang lebih kuat misalnya 3G atau sekarang ini 5G. Kualitasnya akan sangat jauh berbeda dari segi kecepatan. 

  • Jumlah Pengguna

Seberapa banyak jumlah pengguna juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Ketika banyak yang memakai internet bersamaan, maka akses kecepatannya akan menurun. Pada umumnya, ini terjadi pada jam kerja atau jam-jam sibuk.

Anda bisa menghindari mengakses internet di jam-jam tersebut supaya memperoleh kecepatan lebih baik dan stabil. Pada umumnya, ini terjadi pada jaringan wifi publik saat banyak orang mengaksesnya secara bersama-sama. Sehingga, tidak terdapat batasan kecepatan wifi dari setiap pemakai internet.

Cara Mengukur Kecepatan Internet

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet penting juga paham cara mengukurnya.  Berikut langkahnya:

  • Mengecek Perangkat

Perangkat komputer maupun laptop yang akan dipakai untuk mengukur kecepatan akses, harus dalam keadaan baik. Pastikanlah perangkat yang dipakai bersih dari Malware, virus, spyware, maupun spam.

  • Jangan Download Dan Upload Dulu

Apabila komputer Anda terhubung dengan komputer lain lewat internet, pastikanlah hentikan proses download atau uploadnya. Jangan sampai komputer terhubung ke server lain selain ke server utama. 

  • Mengkoneksikan Internet Pada Server

Anda bisa terlebih dahulu mematikan jaringan lokal supaya komputer lain tidak terhubung dengan anda lewat jaringan internet. Ini dapat dilakukan dengan cara koneksi pada router atau server saja.

  • Membuka Situs Speedtest.net

Setelah komputer benar-benar siap dan bersih, selanjutnya bisa membuka situs speedtest.net. Di sini merupakan situs yang dapat dipakai untuk melihat bagaimana kecepatan akses internet dengan bantuan Browser. Speedtest bisa diakses dengan ADSL, astinet, modem, dan lain-lain. 

  • Pengukuran Kecepatan

Anda bisa melihat bagaimana kecepatan website dengan speedtest.net supaya hasilnya lebih akurat. Speed test memakai jaringan internal sehingga hasil terutama untuk modem, akan cocok dan bagus. Apabila kecepatan berada di bawah 40 kbps berarti modem tersebut tidak cocok dipakai untuk komputer. 

Mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet memang bisa membantu Anda menganalisa Jika ada masalah misalnya internet lambat. Pemakaian internet memang semakin tinggi dan membuat berbagai inovasi lahir. Jadi, pastikan anda juga menggunakan provider maupun perangkat yang mendukung agar kualitasnya lebih cepat dan stabil.